STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR (SOP)
I.
Latar Belakang
SOP adalah Standar Operasional Prosedur atau
disingkat SOP dalam sebuah laborataorium sangat diperlukan dalam upaya
membentuk sistem pelayanan dan pengelolaan laboratorium yang ideal. Dan dalam
hal ini sangat diperlukan adanya SOP
khususnya untuk laboratorium IPA untuk Sekolah Dasar guna membantu atau
memberikan acuan prosedur yang harus diikuti oleh guru ataupun staf lainnya
yang terlibat dalam penggunaan laboratorium yang akan digunakan untuk membimbing
siswa. Langkah awal dalam pengelolaan
laboratorium IPA di sekolah guru harus
memahami standar operasional prosedur laboratorium (Made,2011) & Mengacu
pada hakikat Sains. Sehingga
disini akan dibahas SOP laboratorium IPA untuk sekolah dasar dalam bidang
penggunaan alat dan pemeliharaan laboratorium.
II.
Tujuan
Tujuan dari penyusunan SOP ini adalah demi kelancaran suatu praktikum dan mendukung berlangsungnya kegiatan praktikum
Tujuan dari penyusunan SOP ini adalah demi kelancaran suatu praktikum dan mendukung berlangsungnya kegiatan praktikum
III.
Ruang
Lingkup
Standar oprasional prosedur ini diperuntukkan bagi seluruh anggota
sekolah dasar,baik guru terlebih siswa yang terlibat dalam praktikum
IV.
Acuan
A.
Tugas dan
tanggug jawab
1.
Kepala
Laboratorium : seorang staf edukatif/fungsional ataupun kepala sekolah yang ditugaskan menjadi
pimpinan tertinggi dan bertanggung jawab terhadap
semua kegiatan di laboratorium
2.
Anggota
laboratorium:
yaitu siswa yang berperan aktif dalam pengelolaan serta pengembangan laboratorium.
3.
Pembimbing
praktikum: staf edukatif atau guru yang bertanggungjawab dalam memberikan bimbingan
praktikum bagi siswa untuk mata
pelajaran IPA.
4.
Staf
administrasi : tenaga administratif yang menjalankan fungsi administrasi di
laboratorium.
5.
Laboran:
staf laboratorium yang membantu pelaksanaan kegiatan dan teknis operasional
dalam laboratorium, serta mempersiapkan peralatan dan bahan.
B. Tata
Tertib Laboratorium
1.
Sopan,
santun dan menjunjung etika dalam laboratorium.
2.
Menjaga
kebersihan dan kenyamanan ruang lab.
3
Dilarang
makan dan minum, membuat kericuhan selama kegiatan di dalam ruang lab.
4.
Dilarang menyentuh, menggeser dan menggunakan
peralatan di lab yang tidak sesuai
dengan acara praktikum mata pelajaran IPA.
5.
Membersihkan
peralatan yang digunakan dan mengembalikannya kepada petugas lab.
6.
Membaca dan
memahami prosedur operasional .
7.
Tidak boleh
menggunakan HP.
C. Faktor Dalam Penggunaan Alat pembelajaran IPA SD
1.
Kesesuaian
alat dengan tujuan pembelajaran.
2.
Kesesuaian
alat dengan pemakai.
3.
Alat harus
mudah dipakai dan tahan lama, artinya tidak terlalu rumit dan tidak mudah
rusak.
4.
Alat mudah
dipindah dan dibawa ke tempat lain karena pada umumnya SD tidak memiliki
laboratorium dan alat harus dibawa ke kelas.
5.
Bentuk dan
warna menarik sehingga dapat menimbulkan motivasi siswa dalam belajar.
6.
Jika alat
sebagai peraga harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
V.
Prosedur
1. Kepala sekolah bersama dengan teknisi/laboran mengecek kesiapan dan kelayakan
alat yang akan digunakan 3 hari sebelum kegiatan praktikum dimulai
2.Kepala dan
penanggung jawab laboratorium mengecek kesiapan LKS yang akan digunakan untuk
kegiatan praktikum;
3.Laboran
menyerahkan daftar bon alat kepada siswa/guru untuk diisi alat apa yang akan
dipinjam
4.
Laboran
menyerahkan alat kepada ketua dan anggota kelompok siswa
5.Guru bersama dengan teknisi/analis/laboran bersama-sama mengecek
kelayakan alat yang dipinjam. Jika terjadi ketidaklayakan alat akan
dikembalikan kepada laboran/teknisi dan dicatat dalam buku kerusakan alat
6. Guru
praktikum diwajibkan mampu
- Merancang
alat-alat sederhana untuk pembelajaran IPA Sekolah Dasar.
- Memanfaatkan
barang-barang yang tersedia di lingkungan untuk pembelajaran IPA SD.
-Mendemonstrasikan
alat-alat IPA yang sudah dirancang dan dibuat untuk kegiatan pembelajaran
pada SOP yang telah saya
Pertanyaan :
BalasHapusPada SOP yang sudah saya susun menurut anda apakah rancangan SOP yang saya ajukan sudah tepat untuk sekolah dasar?
Menurut anda apakah kelebihan dan kekurangan dari SOP yang saya susun?
menurut saya SOP untuk sekolah dasar sudah cukup baik, namun anda mungkin juga perlu menambahkan SOP keamanan dan keselamatan kerja, karena saya rasa walaupun di SD terkadang hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, jadi keselamatan dan keamanan kerja perlu juga di buat,
BalasHapusBetul saya setuju
Hapusmenurut saya SOP yang anda buat sudah bagus, seperti yang sudah di katakan saudari vivie anda harus menambahkan SOP keselamatan kerja, karna itu penting juga untuk anak SD...
BalasHapussemoga membantu,
Menurut saya SOP yang sudah anda buat sudah baik. Hanya saja pada prosedur diagram alir saya rasa proses pelaksanaan pratikum oleh guru tidak perlu di atur dalam prosedur. kegiatan dalam labolatorium dalam membimbing siswa menjadi hak dan improvisasi guru.
BalasHapusGak bisa diunduh Ya??
BalasHapus