Selasa, 01 April 2014

SOP LABORATORIUM SD


STANDAR OPRASIONAL PROSEDUR (SOP)
                   I.            Latar Belakang
SOP adalah Standar Operasional Prosedur atau disingkat SOP dalam sebuah laborataorium sangat diperlukan dalam upaya membentuk sistem pelayanan dan pengelolaan laboratorium yang ideal. Dan dalam hal ini sangat diperlukan adanya SOP  khususnya untuk laboratorium IPA untuk Sekolah Dasar guna membantu atau memberikan acuan prosedur yang harus diikuti oleh guru ataupun staf lainnya yang terlibat dalam penggunaan laboratorium yang akan digunakan untuk membimbing siswa. Langkah awal dalam pengelolaan laboratorium  IPA di sekolah guru harus memahami standar operasional prosedur laboratorium (Made,2011) & Mengacu pada hakikat Sains. Sehingga disini akan dibahas SOP laboratorium IPA untuk sekolah dasar dalam bidang penggunaan alat dan pemeliharaan laboratorium.

                II.            Tujuan 
Tujuan dari penyusunan SOP ini adalah demi kelancaran suatu praktikum dan mendukung berlangsungnya kegiatan praktikum

             III.            Ruang Lingkup
Standar oprasional prosedur ini diperuntukkan bagi seluruh anggota sekolah dasar,baik guru terlebih siswa yang terlibat dalam praktikum
             IV.            Acuan
A.    Tugas dan tanggug jawab
1.      Kepala Laboratorium : seorang staf edukatif/fungsional ataupun kepala sekolah yang ditugaskan menjadi pimpinan tertinggi  dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di laboratorium
2.      Anggota laboratorium: yaitu siswa yang berperan aktif dalam pengelolaan serta pengembangan laboratorium.
3.      Pembimbing praktikum: staf edukatif atau guru yang bertanggungjawab dalam memberikan bimbingan praktikum bagi  siswa untuk mata pelajaran IPA.
4.      Staf administrasi : tenaga administratif yang menjalankan fungsi administrasi di laboratorium.
5.      Laboran: staf laboratorium yang membantu pelaksanaan kegiatan dan teknis operasional dalam laboratorium, serta mempersiapkan peralatan dan bahan.

B.     Tata Tertib Laboratorium
1.      Sopan, santun dan menjunjung etika dalam laboratorium.
2.      Menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang lab.
3      Dilarang makan dan minum, membuat kericuhan selama kegiatan di dalam ruang lab.
4.      Dilarang  menyentuh, menggeser dan menggunakan peralatan di lab yang  tidak sesuai dengan acara praktikum mata pelajaran IPA.
5.      Membersihkan peralatan yang digunakan dan mengembalikannya kepada petugas lab.
6.      Membaca dan memahami prosedur operasional .
7.      Tidak boleh menggunakan HP.

C.     Faktor Dalam Penggunaan Alat pembelajaran IPA SD
1.      Kesesuaian alat dengan tujuan pembelajaran.
2.      Kesesuaian alat dengan pemakai.
3.      Alat harus mudah dipakai dan tahan lama, artinya tidak terlalu rumit dan tidak mudah rusak.
4.      Alat mudah dipindah dan dibawa ke tempat lain karena pada umumnya SD tidak memiliki laboratorium dan alat harus dibawa ke kelas.
5.      Bentuk dan warna menarik sehingga dapat menimbulkan motivasi siswa dalam belajar.
6.      Jika alat sebagai peraga harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.



                V.            Prosedur
1. Kepala sekolah bersama dengan teknisi/laboran mengecek kesiapan dan kelayakan alat yang akan digunakan 3 hari sebelum kegiatan praktikum dimulai
2.Kepala dan penanggung jawab laboratorium mengecek kesiapan LKS yang akan digunakan untuk kegiatan praktikum;
 3.Laboran menyerahkan daftar bon alat kepada siswa/guru untuk diisi alat apa yang akan dipinjam
4. Laboran menyerahkan alat kepada ketua dan anggota kelompok siswa
5.Guru bersama dengan teknisi/analis/laboran bersama-sama mengecek kelayakan alat yang dipinjam. Jika terjadi ketidaklayakan alat akan dikembalikan kepada laboran/teknisi dan dicatat dalam buku kerusakan alat
6. Guru praktikum diwajibkan mampu  
    - Merancang alat-alat sederhana untuk pembelajaran IPA Sekolah Dasar.
          - Memanfaatkan barang-barang yang tersedia di lingkungan untuk pembelajaran IPA SD.
    -Mendemonstrasikan alat-alat IPA yang sudah dirancang dan dibuat untuk kegiatan pembelajaran
 


pada SOP yang telah saya

6 komentar:

  1. Pertanyaan :
    Pada SOP yang sudah saya susun menurut anda apakah rancangan SOP yang saya ajukan sudah tepat untuk sekolah dasar?
    Menurut anda apakah kelebihan dan kekurangan dari SOP yang saya susun?

    BalasHapus
  2. menurut saya SOP untuk sekolah dasar sudah cukup baik, namun anda mungkin juga perlu menambahkan SOP keamanan dan keselamatan kerja, karena saya rasa walaupun di SD terkadang hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, jadi keselamatan dan keamanan kerja perlu juga di buat,

    BalasHapus
  3. menurut saya SOP yang anda buat sudah bagus, seperti yang sudah di katakan saudari vivie anda harus menambahkan SOP keselamatan kerja, karna itu penting juga untuk anak SD...

    semoga membantu,

    BalasHapus
  4. Menurut saya SOP yang sudah anda buat sudah baik. Hanya saja pada prosedur diagram alir saya rasa proses pelaksanaan pratikum oleh guru tidak perlu di atur dalam prosedur. kegiatan dalam labolatorium dalam membimbing siswa menjadi hak dan improvisasi guru.

    BalasHapus