Administrasi
merupakan suatu proses pencatatan atau inventarisasi fasilitas & aktifitas
laboratorium,dengan tujuan supaya semua fasilitas dan aktifitas laboratorium
dapat terorganisir dengan sistematis
Secara standar terdapat 9 komponen administrasi laboratorium
yang harus dipenuhi oleh pengurus lab IPA. Kesembilan komponen tersebut adalah
sebagai berikut:
1.
Buku investaris dan kartu investaris
2.
Kartu stok
3.
Kartu peminjaman alat dan bahan
4.
Buku catatan harian lab
5.
Kartu resparasi
6.
Program semester lab
7.
Laporan bulanan
8.
Daftar alat dan bahan
Dan berikut ini merupakan format yang ada mengenai komponen diatas :
1. Buku investaris dan kartu investaris
Keterangan:
No: diisi no urut alat dan bahan yang
diinventarisir
Nama
alat/bahan: diisi
oleh nama dagang atau nama resmi alat dan bahan yang dibeli. Syaratnya
pengisian nama alat dan bahan harus konsisten.
Kode: diisi dengan kode alat dan bahan
yang kita beli. Untuk kode bisa mengikuti kode yang dibuat perusahaan
tempat pembelian alat dan bahan tersebut atau membuat kode sendiri
Produsen: diisi dengan nama perusahaan
yang membuat alat dan bahan, bukan dengan nama toko.
Kondisi: diisi dengan jumlah barang yang
dalam keadaan baik, rusak atau hilang.
Keterangan: berisi informasi tambahan.
Misalnya kenapa alat tersebut hilang, dll.
Contoh :
Aturan Penggunaan Buku Inventarisir
- Buku inventarisir merupakan daftar yang memuat semua barang milik lab. IPA yang dipakai dan ada hubungannya dengan kegiatan praktikum di dalam lab.
- Inventarisir dilakukan minimal sekali/semester.
2. Kartu stok
Keterangan:
Spesifikasi:
berisi
ciri khas utama dari alat atau bahan yang kita masukkan ke dalam kartu stok.
Misalnya nama alatnya neraca empat lengan. Spesifikasinya: ketelitian 0,1 gram,
skala maksimum 311 gram, terbuat dari besi tahan karat.
Tanggal: diisi dengan tanggal pengecekan
barang tersebut
Keadaan
Masuk: diisi
dengan jumlah barang yang masuk atau dibeli untuk laboratorium
Keadaan
Keluar: diisi
dengan jumlah barang yang dipakai di dalam laboratorium
Keadaan
Persediaan: diisi
dengan jumlah alat/bahan yang disimpan di gudang atau yang tidak dipakai (hanya
sebagai cadangan)
Contoh:
Aturan penggunaan
kartu stok
- Kartu stok merupakan catatan pergerakan transaksi keluar-masuk suatu bahan yang terdapat di dalam lab.
- Kartu stok diletakkan bersamaan/berdekatan dengan alat/bahan yang bersangkutan.
- Pencatatan di kartu stok dilakukan secara rutin dari hari ke hari.
3.
Kartu peminjaman alat dan bahan
Keterangan:
Praktikum
Ke: diisi
dengan no. urut praktikum yang dilakukan dalam satu semester (diisi siswa)
Judul
Praktikum: diisi
dengan judul praktikum yang dilakukan sesuai LKS (diisi siswa)
Kelompok: diisi dengan nama
kelompok (diisi siswa)
Nama
Anggota: diisi
dengan nama anggota kelompok (diisi siswa)
*Kode: opsional dan diisi oleh laboran
**Ditandatangai oleh ketua
kelompok dan laboran
Contoh:
Aturan
penggunaan kartu peminjaman alat dan bahan
- Kartu peminjaman alat dan bahan berisi daftar alat/bahan yang diperlukan oleh suatu kelompok atau oleh guru yang bersangkutan untuk melakukan sekali praktikum dan ditujukan kepada laboran.
- Pencatatan di kartu peminjaman alat dan bahan dilakukan setiap akan melakukan praktikum.
Catatan:
Terdapat dua versi kartu peminjaman alat dan bahan
Terdapat dua versi kartu peminjaman alat dan bahan
Versi 1: kartu peminjaman alat dan bahan dilakukan oleh siswa untuk
diajukan ke laboran
Versi 2: kartu peminjaman alat dan bahan dilakukan oleh dosen atau asisten dosen mata pelajaran untuk diajukan ke laboran
Versi 2: kartu peminjaman alat dan bahan dilakukan oleh dosen atau asisten dosen mata pelajaran untuk diajukan ke laboran
4.
Buku catatan harian lab
Keterangan:
No.: diisi dengan no. urut praktikum
yang dilakukan dalam satu semester
Hari/Tanggal: diisi dengan hari/tanggal
dilaksanakannya praktikum
Judul
Praktikum: diisi
dengan judul praktikum yang dilakukan
Kelas: diisi dengan nama kelas
yang melakukan praktikum
Jam: diisi dengan jam pelaksanaan
praktikum
Paraf: diisi dengan paraf laboran
Keterangan:
diisi
dengan keterangan tambahan yang bisa dicantumkan
Contoh:
Aturan
penggunaan buku catatan harian laboratorium
- Buku catatan harian lab. merupakan buku yang berisi daftar kegiatan praktikum yang dilakukan di dalam lab.
- Pencatatan di buku catatan harian lab. dilakukan secara rutin dari hari ke hari.
5. Kartu
Reparasi
Keterangan:
No.
Kartu: diisi
dengan no. surat kartu reparasi. Contoh: 001/Lab. Fisika/SMA Rofa Yulia
Azhar/IV/2014
Jenis
Kerusakan: diisi
dengan jenis kerusakan yang diperbaiki
Komponen: diisi jika memang terdapat
penggantian komponen
Harga: diisi dengan biaya reparasi
dan biaya komponen yang diganti
Keterangan: diisi dengan keterangan tambahan
yang bisa dicantumkan
*dilampirkan pula kuitansi
perbaikan dan pergantian komponen
**Ditandatangani oleh teknisi (atau
laboran) dan koordinator lab. IPA
Contoh:
Aturan
penggunaan kartu reparasi
- Kartu reparasi merupakan kartu yang memuat informasi menganai perbaikan atau reparasi suatu alat
- Pencatatan di buku catatan harian lab. dilakukan oleh teknisi bila ada perbaikan terhadap barang yang rusak dan dilaporkan kepada koordinator lab.
6.
Label alat dan bahan
Label
Bahan
Keterangan:
Dibuat
Tanggal: diisi
dengan tanggal pembuatan larutan/bahan kimia
(aq):
bentuk
bahan kimia berupa larutan
0,1 M: konsentrasi bahan kimia
Catatan: berisi tambahan informasi
mengenai bahaya bahan kimia tersebut
Label
Alat
Keterangan:
Tahun
Pengadaan: diisi
dengan tahun pengadaan alat
FLS
20.14/113: kode
alat
Catatan: berisi tambahan informasi
mengenai cara penyimpanan alat
Catatan:
- Tanggal pembuatan larutan dan tahun pengadaan penting sekali untuk dicantumkan di label alat/bahan.
- Label di tempel lalu diberikan pelindung plastik seperti selotif agar tidak mudah rusak.
- Ukuran label disesuaikan dengan ukuran kemasan atau ukuran alat/bahan.
Aturan
penggunaan buku catatan harian laboratorium
- Label berisi informasi mengenai nama suatu alat/bahan beserta informasi-informasi singkat lainnya yang dibutuhkan.
- Label dicantumkan pada alat/bahan yang terdapat di ruang laboratorium.
7.
Laporan bulanan
Keterangan:
No: diisi dengan no. urut
dilaksanakannya praktikum
Judul Praktikum: diisi dengan judul praktikum
Kelas: diisi dengan kelas yang
melaksanakan praktikum
Demonstrasi
atau Praktikum: diisi
dengan tanda ceklis demonstrasi atau praktikum
Nama Guru: diisi dengan nama guru mata
pelajaran yang membimbing praktikum
*Ditandatangani oleh laboran,
ketua lab dan kepala sekolah
**Dilaporkan setiap akhir bulan
**Dilaporkan setiap akhir bulan
Contoh:
Aturan
penggunaan laporan bulanan
- Laporan bulanan merupakan daftar yang memuat kegiatan apa saja yang dilakukan di laboratorium setiap bulannya.
- Laporan bulanan dibuat oleh koordinator lab. dan dilaporkan kepada wakasek kurikulum, wakasek sarana dan prasarana serta kepada kepala sekolah.
- Laporan bulanan dibuat minimal sebulan sekali.
8.
Daftar alat dan
bahan
Keterangan:
No: diisi dengan no. urut dilaksanakannya
praktikum
Judul
Praktikum: diisi
dengan judul praktikum
Nama Alat
dan Bahan: diisi
dengan nama alat dan bahan untuk melakukan praktikum
Jumlah: diisi dengan jumlah minimal alat
dan bahan untuk jumlah kelompok ideal dalam jangka waktu satu tahun. Misalnya
jumlah kelompok ideal untuk satu kelas adalah 6 kelompok.
Keterangan: diisi dengan tambahan informasi
yang diperlukan
*Ditandatangani oleh laboran,
ketua lab dan kepala sekolah
**Dilaporkan
setiap awal semester
Contoh:
Aturan
penggunaan daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS
- Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS berisi daftar alat yang dibutuhkan untuk melakukan sekali praktikum dalam satu kelas dalam periode tahun ajaran tertentu.
- Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS dibuat paling lambat seminggu sebelum hari pertama di tahun ajaran baru.
- Fungsi dari daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS adalah untuk memastikan agar alat dan bahan sudah tersedia jauh hari sebelum praktikum akan dilaksanakan. Fungsi lainnya sebagai landasan untuk pengajuan pembelian alat dan bahan laboratorium.
Deskripsi tugas komponen-komponen dalam
struktur organisasi jurusan:
1. Ketua Jurusan:
1. Ketua Jurusan:
a. Meningkatkan mutu
akademik, penelitian, pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan
Tinggi), dan kerjasama pada program studi pendidikan kimia dan kimia
b. Mengelola keuangan,
sumber daya manusia, kesejahteraan pemberdayaan divisi usaha akademik, serta
fasilitas pendidikan pada program studi pendidikan kimia dan kimia
c. Membina
kemahasiswaan, hubungan alumni, kehidupan beragama, sosial budaya, dan
komunikasi pada program studi pendidikan kimia dan kimia
d. Merencanakan,
melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi semua kegiatan pada program studi
pendidikan kimia dan kimia
e. Melaksanakan kegiatan
penjaminan mutu akademik pada program studi pendidikan kimia dan kimia
f. Mengkoordinasikan
semua kegiatan baik akademik maupun nonakademik pada program studi pendidikan
kimia dan kimia
2. Sekretaris Jurusan:
a. Mengadministrasi dan
memonitor kelengkapan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh laboratorium
untuk kelancaran kegiatan praktikum pada program studi pendidikan kimia dan
kimia.
b. Membantu ketua
jurusan dalam administrasi keuangan
3. Ketua Program Studi:
a. Membantu tugas ketua
jurusan dalam pelaksanaan pelaksanaan peningkatan mutu akademik, penelitian,
dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi) pada tingkat
Program Studi.
b. Membina keilmuan
sesuai dengan bidangnya
c. Berkoordinasi dengan
ketua jurusan dalam melakukan penjaminan mutu akademik
4. Koordinator laboratorium:
a. Bersama-sama dengan
sekretaris jurusan mengkoordinasi kebutuhan alat dan bahan untuk kegiatan
praktikum
b. Mengkoordinasi semua
kegiatan praktikum baik pada Program Studi Pendidikan Kimia maupun Program
Studi Kimia
c. Melaporkan semua
kegiatan praktikum setiap akhir semester.
5. Koordinator Kimia Dasar:
a. Mengkoordinasi
kegiatan perkuliahan Kimia dasar untuk semua jurusan di FPMIPA
b. Membantu ketua
jurusan/kaprodi dalam melaksanakan penjaminan mutu perkuliahan Kimia Dasar
c. Melaporkan semua
kegiatan akademik/perkuliahan Kimia dasar setiap semester
6. Koordinator Kemahasiswaan:
a. Membina kegiatan
kemahasiswaan pada tingkat jurusan
b. Mengkoordinasi
kegiatan kemahasiswaan
c. Menjaring mahasiswa
berprestasi untuk keperluan beasiswa dan pemilihan mahasiswa teladan
d. Membina kelompok
studi ilmiah mahasiswa.
7. Koordinator Multi Media Pembelajaran:
a. Mengkoordinasi
pengembangan multimedia untuk pembelajaran kimia
b. Mengembangkan website
jurusan
c. Bertanggungjawab
terhadap jaringan intra dan internet di jurusan
8. Ketua laboratorium:
a. Bertanggungjawab
terhadap keberlangsungan kegiatan praktikum pada lab. yang dipimpinnnya
b. Mengkoordinasi
kegiatan pelaksanaan praktikum
c. Mengkoordinasi
kegiatan pelayanan lab. kepada masyarakat
d. Mengkoordinasi
inventarisasi alat, bahan, dan segala fasilitas yang ada di lab.
e. Mengkoordinasi
inventarisasi kebutuhan alat dan bahan untuk praktikum
f. Mengajukan permohonan
pengadaan alat dan bahan ke jurusan
g. Mengkoordinasi
pertemuan berkala dengan asisten praktikum, laboran dan teknisi
h. Menghadiri pertemuan
yang dikoordinasi oleh jurusan
i.
Membuat
laporan tahunan kegiatan yang dilaksanakan di lab.
9. Laboran dan teknisi laboratorium:
a. Mempersiapkan dan
melayani kegiatan praktikum
b. Melakukan
inventarisasi alat dan bahan
c. Melakukan
pemeliharaan dan perawatan alat dan bahan
d. Membantu ketua lab.
dalam pengajuan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum
e. Bertanggung jawab
atas kebersihan laboratorium
f. Melakukan koordinasi
dengan laboran dan teknisi dari laboratorium lain dalam memberikan pelayanan
pada mahasiswa
g. Menghadiri pertemuan
yang dikoordinasi oleh ketua lab dan atau jurusan
h. Memberikan informasi
kepada asisten yang bertanggungjawab dan ketua lab., apabila berhalangan hadir
pada saat kegiatan praktikum berlangsung
10. Tenaga administrasi:
a. Melakukan
pengadministrasian terhadap semua kegiatan jurusan
b. Melakukan
inventarisasi saraana dan prasarana jurusan
c. Melakukan
pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana jurusan
d. Bertanggung jawab
terhadap kebersihan ruang kantor jurusan dan meeting room
e. Melakukan koordinasi
dengan laboran dan teknisi dalam pengadministrasian alat dan bahan praktikum
f. Menghadiri rapat
koordinasi jurusan
Terima kasih
BalasHapussama2
BalasHapusTerimakasih penulis, ini sangat membantu
BalasHapusTerimakasih banyak, sangat membantu
BalasHapusTerimakasih
BalasHapusterimakasih banyak sangat sangat membantu
BalasHapus